• December 3, 2021

Cara Menggunakan Google Drive

 Cara Menggunakan Google Drive

Google Drive adalah sebagai pusat pembuatan dokumen Google, juga pusat peralatan perkantoran Google. Anda pun kini bisa memasang app pada Google Drive untuk memperluas kinerjanya. Ikuti tutorial ini untuk memaksimalkan kinerja Google Drive.

Mengakses Google Drive

Masuklah ke Google Drive dengan akun Google Anda. Jika Anda belum memiliki akun Google, Anda bisa membuatnya secara gratis. Google Drive memungkinkan Anda menyimpan berkas Anda di internet, juga membuat dokumen serta form melalui antarmuka webnya.

Tambahkan berkas pada akun Google Drive Anda. Ada dua cara untuk menambahkan berkas pada akun Anda. Anda bisa membuat dokumen langsung di Google Drive, atau Anda bisa mengunggah berkas dari komputer Anda. Untuk membuat berkas baru, klik tombol CREATE. Untuk mengunggah, pilih ikon panah atas di sebelah tombol CREATE.

Ubahlah cara sortir berkas di akun Anda. Anda bisa memilih untuk menampilkan berkas dengan ikon besar (Grid) atau sebagai gambar (List). Modus List akan memperlihatkan sekilas siapa pemilik berkas, dan kapan berkas tersebut terakhir diubah. Modus Grid akan menampilkan pratinjau laman pertama berkas. Anda bisa mengganti modus ini dengan menekan tombol di sebelah tombol gigi roda bagian kanan halaman.

Gunakan bilah navigasi di bagian kiri untuk mengakses berkas Anda. “My Drive” adalah lokasi dimana berkas dan folder unggahan Anda disimpan. “Shared with Me” adalah berkas yang dibagi-pakai dengan Anda oleh pengguna Drive lain. Berkas “Starred” adalah berkas yang Anda tandai sebagai berkas penting, dan “Recent” menampung berkas-berkas yang baru Anda sunting.

Lakukan pencarian berkas. Anda bisa mencari dokumen atau folder di Google Drive Anda dengan bilah pencarian di bagian atas halaman. Google Drive akan mencari berkas berdasarkan judul, konten dan pemilik berkas. Jika sebuah berkas memiliki/mengandung kata yang sama dengan kata yang dicari, berkas tersebut akan muncul di bawah bilah pencarian selagi Anda mengetik, jadi Anda bisa memilihnya dengan cepat.

Unduhlah Google Drive untuk perangkat Anda. Anda bisa mengunduh Google Drive untuk perangkat Android atau iOS, yang memungkinkan Anda mengakses berkas melalui perangkat tersebut. Aplikasi ini bisa diunduh di toko aplikasi Anda (Play Store atau iTunes), namun mungkin tidak memiliki fitur penyuntingan yang sama seperti di komputer.

 

Membuat dan Menyunting Dokumen

Klik tombol CREATE. Sebuah menu yang memungkinkan Anda memilih jenis dokumen yang Anda ingin buat akan muncul. Anda memiliki beberapa opsi secara default, dan jenis berkas lain dapat dibuat dengan cara mengklik “Connect More App” di bagian bawah menu. Opsi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Folder – Opsi ini akan membuat folder di My Drive, yang bisa digunakan untuk pengaturan berkas.
  • Document – Opsi ini akan membuat berkas pengolah kata yang kosong. Anda bisa menyesuaikan format dan pengaturan halaman dengan peralatan dan menu yang tersedia di bagian atas dokumen. Anda bisa mengekspor dokumen ke format Microsoft Word, OpenOffice, PDF, dll.
  • Presentation – Opsi ini akan membuka ekuivalen Google Drive terhadap PowerPoint. Berkas yang disunting disini bisa diekspor ke format Microsoft PowerPoint, PDF, JPG, dll.
  • Spreadsheet – Opsi ini akan membuat berkas pengolah angka yang kosong. Anda bisa mengekspor dokumen ke format Microsoft Excel, PDF, CSV, dll.
  • Form – Opsi ini akan membuat formulir yang bisa diisi secara daring. Isian form dapat diekspor ke format CSV.

Buatlah berkas baru. Setelah Anda membuat berkas, Anda akan dibawa ke berkas kosong tersebut. Jika Anda memilih Presentation atau Form, Anda akan disambut dengan panudan yang akan membantu Anda mengatur tampilan dokumen Anda.

Beri nama berkas Anda. Di bagian atas halaman, klik teks abu-abu bercetak miring yang bertuliskan “Untitled <file type>”. Jendela “Rename document” akan muncul, dan Anda bisa mengganti nama dokumen di jendela tersebut.

Sunting dokumen Anda. Tulislah dokumen Anda seperti biasa. Anda mungkin menemukan beberapa fitur yang lebih canggih di program yang biasa Anda gunakan tidak tersedia, namun Google Drive memiliki hampir semua fitur dasar program tersebut.

  • Dokumen Anda akan tersimpan otomatis saat Anda bekerja dengan dokumen tersebut.

Ekspor dan simpan berkas. Jika Anda ingin membuat berkas Anda kompatibel dengan program sejenis, klik “File” > “Download As”. Sebuah menu akan muncul dengan pilihan format yang tersedia. Pilih format yang Anda anggap paling tepat untuk kebutuhan Anda. Anda akan diminta memberi nama berkas dan menentukan lokasi penyimpanan. Saat dokumen tersimpan di komputer Anda, dokumen Anda akan berformat seperti yang Anda pilih.

 

Berbagilah dokumen Anda. Klik “File” > “Share”, atau klik tombol Share di bagian kanan atas dokumen untuk membuka jendela “Sharing Settings”. Anda bisa menentukan siapa yang dapat mengakses dan menyunting dokumen Anda. .

  • Berikan tautan dokumen pada orang yang Anda tuju. Anda bisa menggunakan tombol yang tersedia untuk berbagi lewat Gmail, Google+, Facebook, atau Twitter.
  • Aturlah siapa yang mendapat akses pada berkas dengan mengklik tombol “Change…”. Pada awalnya, dokumen Anda adalah dokumen privat dan Anda harus mengundang orang lain untuk memberi akses pada mereka. Anda bisa mengizinkan akses pada orang yang memiliki tautan, atau pada seisi Internet.
  • Undanglah orang untuk menyunting dokumen Anda dengan memasukkan informasi kontak mereka pada isian “Invite People”. Pengguna yang diundang harus login ke Google Drive untuk mengakses dokumen.

 

Publikasikan dokumen Anda. Untuk mempublikasikan dokumen, tabel, atau presentasi, klik “File” > “Publish to the Web”. Mempublikasikan dokumen akan membuat salinan dokumen yang dapat dilihat semua orang, dan menjadi laman web yang tidak terkait pada dokumen asli Anda. Proses ini memungkinkan Anda berbagi dokumen pada siapapun tanpa mengganggu setelan berbagi dokumen Anda.

  • Dokumen yang sudah dipublikasikan tidak dapat disunting. Anda tetap bisa menyunting dokumen aslinya di Google Drive.

 

Cetak dokumen Anda. Jika Anda memiliki printer atau akses ke printer dengan Google Cloud Printer, Anda bisa mencetak dokumen Anda. Klik “File”, lalu tombol “Print” yang ada di bagian bawah menu.

  • Ubahlah pengaturan cetak Anda. Anda bisa memilih halaman mana yang ingin Anda cetak, juga tata letak halaman. Klik “Print” untuk melanjutkan ke layar selanjutnya.
  • Pratinjau cetak akan muncul setelah itu, dan Anda bisa memilih printer Anda dengan cara mengklik “Change”. Ini akan sangat berguna jika Anda ingin menjangkau printer Google Cloud Print Anda di rumah atau sekolah.

 

Kembalikan versi lama dokumen Anda. Jika Anda mengubah beberapa hal pada dokumen Anda dan menyadari bahwa Anda perlu membatalkan perubahan tersebut, Anda bisa menggunakan menu “Revision History” untuk melihat salinan lama dokumen Anda. Bukalah dokumen Anda, klik “File” > “See Revision History”, dan jendela berisi daftar revisi Anda akan muncul di bagian kanan laman..[2]

  • Anda bisa mengklik setiap revisi untuk menampilkan dokumen di jendela utama Anda.
  • Jika Anda menemukan revisi yang ingin Anda simpan, klik tombol “Restore this revision” di bagian bawah entri tersebut pada daftar.

 

Mengunduh dan Mengunggah Berkas

Unduh Google Drive sync pada komputer Anda. Aplikasi ini opsional, namun akan sangat memudahkan sinkronisasi berkas dari komputer Anda ke Google Drive. Jika Anda ingin menggunakan program ini, klik tautan di atas untuk mengunduhnya di laman utama Google Drive. Tautan tersebut akan membantu Anda mengunduh aplikasi yang tepat bagi sistem operasi Anda

  • Setelah Anda mengunduh aplikasi ini, lakukan proses instalasi dan masuklah dengan akun Google Anda. Sebuah folder di desktop akan muncul dan memberikan Anda akses cepat pada dokumen Google Drive Anda.
  • Tarik berkas apapun yang ingin Anda unggah ke Google Drive Anda ke folder ini dan berkas tersebut akan terunggah secara otomatis. Setelah berkas terunggah, sebuah kotak cek hijau akan muncul pada berkas tersebut.

Aturlah setelan unggahan Anda. Klik ikon gigi roda di bagian kanan atas laman dan arahkan kursor Anda pada “Upload Settings”. Anda bisa mengatur supaya Google Drive langsung mengonversi berkas terunggah seperti dokumen Word atau Excel ke format Drive, dan mengonversi PDF menjadi teks yang dapat disunting.

  • Anda dapat memilih agar Anda diingatkan setiap kali Anda melakukan unggahan untuk mengonversi, atau membiarkan konversi berjalan otomatis.
  • Dokumen yang belum terkonversi tidak bisa terbuka di Google Drive kecuali Anda mengonversinya dulu. Untuk menyuntingnya, Anda harus mengunduhnya di mesin yang memiliki program untuk membuka dokumen tersebut.

Klik tombol “Upload”. Sebuah menu akan muncul, yang memungkinkan Anda mengunggah berkas individual atau seisi folder. Carilah berkas yang ingin Anda unggah ke Google Drive. Pengaturan konversi Anda akan berlaku, dan Anda bisa melihat kemajuan unggahan dalam jendela yang akan muncul.

  • Akun Google Drive gratisan menyediakan ruang sebesar 15GB untuk berkas Anda, dan ruang ini terbagi juga dengan akun Gmail Anda. Dokumen yang dibuat di Google Drive tidak termasuk pada hitungan ruang ini. Anda bisa melihat berkas apa saja yang memakan ruangan penyimpanan dengan mengklik “Manage” di bagian kiri bawah laman Drive.

  • Berkas yang diunggah akan muncul di folder My Drive. Anda kemudian dapat memindahkannya ke folder yang Anda sukai di Google Drive Anda.

Unduh berkas dari Google Drive ke komputer Anda. Jika Anda ingin mengambil berkas tertentu ke komputer Anda, pilih berkas yang ingin Anda ambil, klik “More” pada bagian atas halaman, dan klik “Download”.

  • Jika Anda mengunduh berkas Google Drive, Anda akan diminta untuk mengonversi berkas. Jika tidak dikonversi, berkas Anda akan terunduh secara otomatis.

Hapus berkas yang tidak Anda perlukan. Untuk menghapus berkas, isi kotak cek pada berkas yang ingin Anda hapus. Klik tombol “Trash” pada bagian atas halaman. Anda bisa membatalkan penghapusan dengan mengklik “Undo”, atau masuk ke “Trash” di menu bagian kiri.

 

TIPS :

  • Anda bisa menggunakan Google Drive untuk membuat cadangan berkas penting di komputer Anda.
  • Bacalah panduan keamanan Google Drive untuk memastikan informasi Anda tetap aman. Panduan tersebut tersedia di http://www.google.com/goodtoknow
  • Saat mengunggah dokumen dengan aplikasi Google Drive for Android, sangat disarankan untuk menggunakan Wi-fi demi alasan kecepatan dan penghematan biaya data.

 

PERINGATAN :

  • Jangan sebaran kata sandi Anda pada siapapun, Anda bisa kehilangan akun Anda!
  • Jangan berbagi berkas dengan orang yang tidak dikenal. Anda bisa menyesuaikan setelan privasi berkas Anda.
  • Jika Anda memindahkan folder Drive Anda, mengganti komputer, atau mengganti media penyimpanan dimana Anda menyimpan berkas Google Drive, Anda harus mengunduh ulang seluruh berkas Anda dari Google Drive. Tidak ada cara dari Google untuk menghindari hal ini, carilah “This is not your original Google Drive folder” untuk informasi lebih lanjut. Hal ini mungkin bisa menjadi masalah jika penggunaan internet Anda dibatasi kuota.
  • Jangan unduh Google Drive for Android dari sumber yang tidak jelas. Gunakan aplikasi seperti Play Store, Amazon App Store, dan sejenisnya.

 

sumber : id.wikihow

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *